Senin, 29 Desember 2008

Trend Roda 4 x 100mm

Roda 100mm tepatkah buat anak-anak?

Roda berdiameter 100mm belakangan sedang menjadi trend pesepaturoda senior baik di tanah air maupun di luar negeri.  Anak-anak kelompok umur C dan D (usia sekitar 10 - 14 tahun)  tampaknya tidak mau ketinggalan. Tidak sedikit dari mereka yang ingin mencoba 100mm wheel seperti yang dipakai para seniornya. Salah satu di antaranya adalah Kharisma Yudhistira (11 tahun), atlet kelompok C asal Sleman Yogyakarta yang mulai mencoba matter wheel 100mm. Ketika saya tanyakan pada pelatih Ronald, ternyata tindakan ini kurang tepat karena bisa menghambat perkembangan fisik atlet. Berikut komentar Ronald, pelatih Kaltim yang tengah naik daun karena kesuksesannya di PON 2008.

halo om...
...sebenernya roda 100 mm itu blum efisien buat Risma (atlet usia 11 tahun - Red)..., soalnya lebih berat n lebih panjang, so butuh power yang besar untuk itu, sedangkan atlet seusia Risma komponen fisik power nya jelas belum maksimal karena masih masa pertumbuhan...komponen fisik buat atlet seusia risma lebih dominan ke daya tahan/endurance. jadi saran aku tetep 90 mm dulu aja om...biar sel pertumbuhan risma bekerja dulu. Takutnya jika seusia sekarang dibebani berat yang besar sel pertumbuhan akan terhambat dan dampaknya ke tinggi badan Risma gak optimal.... thx
.

Oke Coach..., makasih informasinya semoga bisa dipahami anak-anak dan (terutama) orang tuanya untuk tidak buru2 pakai roda 100mm.



Tidak ada komentar: