Senin, 09 Februari 2009

Prediksi Lomba Sepatu Roda di Bekasi 2009

Hampir semua official dan pelatih club sepatu roda menyambut baik diadakannya kejuaraan sepatu roda di Lapangan Sepatu Roda GOR Kota Bekasi, 7-8 Maret 2009. Hanya saja saya punya prediksi pesimistis yang mudah-mudahan tidak akan terjadi. Begini:

- Penyelenggaraan lomba ini sangat dekat waktunya dengan lomba di Sidoarjo (31 Jan - 1 Feb 2009), hanya selang sekitar 1 bulan. Hal ini berakibat: (1) Masing2 atlet sudah tahu kekuatan lawan, jadi kemungkinan akan enggan "mengulang" lomba dengan lawan yang sama; (2) Bagi yg punya dana pas2an (seperti dialami atlet Yogya), akan berfikir 2x utk berangkat ke Bekasi. Minimal harus menyiapkan dana Rp 1 sampai Rp 1,5 juta utk transportasi, makan dan penginapan untuk atlet dan orang tua.

- Ada sedikit traumatik di lomba Sidoarjo 2009. Hujan yang kurang diantisipasi panitia membuat peserta kerepotan. Orang tua atlet dan official harus kerja ekstra mengeringkan pakaian, sepatu, cuci bearing, dan juga menjaga kesehatan atlet (terutama anak2). Pengalaman kurang nyaman ini, ditambah berita2 banjir dan bencana alam di berbagai media, membuat peserta (orang tua, pelatih, official, pengurus PORSEROSI) harus berfikir 2x untuk memberangkatkan atletnya.

Hal yang menguntungkan adalah, lomba ini diselenggarakan sebelum Ujian dan sebelum Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB/PMDK). Bagi atlet kelas 6 SD dan kelas 3 SMP, bisa spekulasi mencari tambahan NEM. Tapi ini tergantung "bunyi" sertifikat dari Panitia. Banyak sertifikat yang tdk diakui oleh Dinas Pendidikan karena cuma ditandatangani Panitia...

maaf bersambung....

Tidak ada komentar: