Rabu, 30 Juli 2008

Durometer dan Diameter Roda Inline skate

Ukuran Durometer dan Diameter Roda Inline skate (Skate Wheel)

Durometer
Definisi tentang ukuran roda Inline skate (skate wheel durometer and diameter) dan ukuran yang paling baik untuk tiap jenis skating.

Berbicara mengenai ukuran roda skate, bisa mengenai durometer (tingkat kekerasan) dan diameter (ukuran tinggi roda).

DEFINISI: Tingkat kekerasan roda disebut "durometer". Umumnya, durometer diukur dengan skala “A”, ukuran 74A adalah untuk roda yang paling lunak dan 95A adalah ukuran roda paling keras. Tingkat kekerasan roda dapat mempengaruhi durabilitas, dan gesekan roda pada permukaan lapangan. Roda Lunak Roda yang lunak memiliki cengkeraman lebih baik, tepat digunakan untuk permukaan yang licin, tetapi roda yang lunak akan terasa lebih berat dan lambat. Roda Keras Roda yang keras dapat dipakai di jalan yang kasar, lebih cepat dibandingkan roda yang lunak dan meluncur lebih ringan (tetapi tidak mencengkeram jalan sebaik roda lunak). Kekerasan roda untuk Speed SkateRoda keras lebih cepat dari roda lunak, tetapi roda yang terlalu keras tidak mecengkeram jalan dengan baik, dan roda keras cocok untuk jalan yang agak kasar. Speed skater jarak jauh sering memilih roda yang lebih lunak dibanding untuk jarak pendek karena roda keras akan tidak nyaman untuk jarak jauh. Racers juga kadang-kadang memakai roda yang lebih lunak jika jalanan licin atau hujan, karena membutuhkan cengkeraman extra.
Diameter
Diameter atau tinggi roda diukur dengan satuan milimeter (MM). Roda untuk skate berkisar antara diameter 40 MM sampai 100 MM.
Roda yang lebih besar akan meluncur lebih cepat, roda berdiameter besar dipakai untuk fitness dan speed skating, namun demikian penambahan kecepatan (akselerasi) dari pelan ke full speed akan lebih membutuhkan energy. Sebelum kamu membeli roda untuk skate, pastikan apakah ukuran tersebut cocok dengan fram yang kamu punya. Ada frame yang hanya memuat roda berdiameter 80mm, tentu tidak bisa menggunakan roda 90mm.
Roda berdiameter kecil dibutuhkan untuk kelincahan dan aggressive skating, figure skating, roller dancing, dan hockey.

Rakhmat Supriyono / Yogyakarta

Tidak ada komentar: